Selasa, 04 September 2012

8 Pantai-Pantai Indah di Phuket, Thailand

,
Jika Anda berada di Phuket, kunjungan ke pantai Patong bisa jadi membuat kecewa. Jutaan wisatawan setiap tahun menyemut di hamparan pasir sepanjang dua kilometer itu. Dulu memang pantainya indah sekali, tapi sekarang kotor, riuh tanpa henti, banyak jet ski hilir-mudik. "Cipratan" pasir dari mobil-mobil buggy akan menambah ketidaknyamanan, belum lagi kalau tidak hati-hati, kita bisa "kejatuhan" orang yang sedang parasailing. Pilihannya ada pada Anda, mau mengalami hal tidak menyenangkan ini atau berjemur dengan nyaman di beberapa pantai Phuket yang belum banyak orang tahu.

Pantai Tri Trang
Meski jaraknya hanya lima menit berkendara dari Patong, wisatawan dan masyarakat Thailand belum banyak mendengar tentang pantai ini. Pantai Tri Trang bisa dicapai dengan menyewa sepeda motor atau menumpang hingga ke balik bukit di ujung selatan pantai Patong. Jangan sampai luput memperhatikan rambu-rambu kecil menuju Tri Trang. Jalanan panjang berliku akhirnya menuju pantai Paradise. Ketika menempuh sepertiga perjalanan, berhenti dan lihat di sepanjang sisi kanan jalan. Terdapat pasir pantai yang indah ditambahi jajaran pohon-pohon palem. Nyaris tak ada keriuhan orang-orang. Singgahlah untuk secangkir kopi atau segelas pina colada di beberapa bar yang ada. Tri Trang cocok untuk berjemur tapi jika ingin mandi di laut, hati-hati terhadap karang-karang tajam di bawah air.

Pantai Freedom

Kebanyakan orang tiba di pantai yang sepi dan bebas sampah ini menggunakan perahu. Jika ingin ke pantai Freedom menggunakan sepeda, kita akan melewati jalan setapak dan satu atau dua kali melompat gerbang, sehingga lebih mudah jika Anda mengeluarkan beberapa ratus baht untuk menyewa perahu dari Patong. Saat Anda bersepeda, lihatlah air laut yang sangat jernih di bawah. Ombak di pantai Freedom termasuk 'jinak', cocok untuk berenang. Snorkeling yang bagus ada di bagian selatan. Kursi santai dan restoran kelas atas tersedia, tapi kita juga bisa langsung berbaring di pantai tanpa keluar uang. Sebutan "Freedom" muncul karena beberapa wisatawan berjemur bebas tanpa pakaian.


Pantai Laem Singh
Begitu banyak orang hanya melewati pantai ini saat mereka melesat keluar dari Patong. Padahal, dengan menyusuri tebing, Anda akan menikmati salah satu pantai paling indah di Phuket. Laem Singh berjuluk "Pantai Rahasia" - meskipun makin lama rahasianya makin pudar karena makin banyak orang tahu. sebagian besar wisatawan cuma bermalas-malasan di kursi berjemur padahal pantai ini punya air yang jernih, bersih, lengkap dengan kehidupan bawah laut. Pantai itu terbagi oleh satu karang besar, Anda bisa berjalan atau berenang mengitarinya. Parkir motor di dekat jalan setapak dan bayar 20 baht. Alternatif lain, teruskan perjalanan dengan sepeda motor hingga ketemu pojok yang cocok dan parkir secara gratis.

Pantai Banana
Pantai Banana terletak agak jauh ke atas pantai barat setelah Bang Tao, dan sangat layak dikunjungi. Gunakan jalan menuju resort mewah Trisara, dari sana Anda tinggal berkendara sedikit menuju ke utara. Pinggirkan mobil saat Anda melihat bentangan kawat berduri. Ada jalan setapak yang curam menuju bibir pantai. Jika hari cerah, di kejauhan akan terlihat  batu karang berbentuk pisang di kejauhan. Air laut yang jernih dan hijaunya lereng bukit bisa dinikmati kapan saja. Snorkeling sangat nyaman karena jarangnya perahu dan jet ski. Tempat ini ideal untuk para pencinta pantai yang santai.

Pantai Kalim
Pantai ini mungkin bukan yang paling indah di Phuket, tapi Kalim memiliki keunggulan yaitu bisa didatangi dengan berjalan kaki dari Patong. Pantainya juga bebas dari pedagang asong. Tepat di ujung utara Patong terdapat pantai pasir yang tidak luas dan terlindungi oleh ceruk berbatu. Karang ini seolah benteng Kalim yang melindungi Anda dari pedagang asong. Ada jajaran pedagang kaki lima yang menawarkan makanan di jembatan kecil di belakang Kalim. Deru kendaraan terdengar karena pantai ini letaknya di dekat jalan utama Patong dan pantai Kamala. Tapi, pantai ini tetap cocok untuk mereka yang ingin berbasah-basah di pantai tanpa kerumunan dan keriuhan pengunjung dan tanpa polusi pemandangan berupa payung-payung besar.

Pantai Nai Thon
Nai Thon adalah pantai yang luas dan lebar sehingga kita merasa berada di tempat yang lega dan mendapatkan privasi. Anak-anak pun bisa bermain dengan bebas. Ketika air pasang, masih ada perairan dangkal untuk tetap berbasah-basah di ujung utara pantai. Harga makanan 30-50% lebih mahal daripada tempat lain, jadi bawalah bekal makan siang atau setidak-tidaknya beberapa kudapan.

Pantai Ya Nui

Terletak di antara Promthep Cape dan jalan panjang ke pantai Kata. Ya Nui sebenarnya adalah dua pantai kecil karena pasirnya terpisah oleh karang yang membelahnya jadi dua bagian. Warga Thailand banyak yang berlibur atau memancing di pantai ini dan ada juga restoran untuk para turis asing dengan kantong tebal. Ya Nui terlihat tidak berbahaya, tapi kita bisa tersedot arus jika tidak hati-hati. Terdapat banyak spesies ikan untuk dinikmati pemandangannya, tapi hati-hati terhadap karang runcing dan mahluk laut terintip (barnacles). Beberapa batu tajam terlihat di bagian utama pantai, jadi lebih baik lakukan dulu pengamatan awal sebelum masuk ke air.

Pantai Sai Khao
Pantai ini sebenarnya hanya merupakan kelanjutan dari pantai Mai Khao. Pantai ini sebagian besar belum berkembang, Untungnya ada beberapa tempat persinggahan menuju ujung utara, jadi kita bisa mengisi bahan bakar kemudian melanjutkan perjalanan. Waspadai perairan selama musim hujan karena arus dapat menjadi berbahaya dan belum ada petugas penjaga pantai. Jika ada di Sai Khao, Anda bisa melihat-lihat kawasan mangrove di sisi jembatan arah daratan.

0 komentar to “8 Pantai-Pantai Indah di Phuket, Thailand”

Poskan Komentar

 

Unik Today Template dibuat oleh O Pregador